Dekan FTI ITN Malang Dr. Ellysa Nursanti, ST, MT (kanan) dan Dekan Fakultas Pertanian Wisnuwardhana Malang (Unidha), Dr. Nurul Muddarisna, SP., MP, menunjukkan MoU yang telah ditandatangani, di Ruang Sidang Kampus 2 ITN Malang, Rabu (14/05/2021). (Foto: Istimewa)

Malang, ITN.AC.ID – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengembangkan sayap dalam menjalin kerjasama. Lewat Fakultas Teknologi Industri (FTI), kali ini Kampus Biru menggandeng Fakultas Pertanian Universitas Wisnuwardhana Malang (Unidha). Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh Dekan FTI ITN Malang, Dr. Ellysa Nursanti, ST, MT dan Dekan Fakultas Pertanian Unidha, Dr. Nurul Muddarisna, SP., MP, pada Rabu (14/05/2021) yang lalu.

Dr. Ellysa Nursanti, ST, MT menyatakan, FTI ITN Malang membuka kesempatan kerjasama seluas-luasnya dengan berbagai pihak selama saling memberi manfaat. Seperti halnya dengan Fakultas Pertanian Wisnuwardhana Malang yang notabene berbeda rumpun dengan jurusan yang ada di FTI ITN Malang.

Gedung Kuliah Fakultas Teknologi Industri (FTI) di Kampus 2 ITN Malang, Jalan Raya Karanglo Km 2 Malang. (Foto: Yanuar/humas)

“Harapannya, dengan kerjasama ini dapat meningkatkan prestasi dan semangat belajar mahasiswa. Meningkatkan semangat dan motivasi, meneliti, dan mengabdi para dosen ITN Malang. Dan, dapat memperkuat serta bisa memberi manfaat pada masing-masing institusi,” tandasnya.

Kerjasama dengan Fakultas Pertanian Unidha tidak lepas dari inisiasi Prodi Teknik Kimia ITN Malang. Berawal dari pelaksanaan MBKM Prodi Teknik Kimia yang dinilai baik oleh Dikti. Maka, Prodi Teknik Kimia diberi kesempatan mengikuti kegiatan TOT Center of Excellence (CoE) MBKM di Bali pada akhir Maret 2021 yang lalu. Dari tugas pelaksanaan CoE itulah keinginan Prodi Teknik Kimia ITN Malang melebarkan kerjasama lintas prodi dan lintas perguruan tinggi disambut hangat oleh Fakultas Pertanian Unidha.

Kaprodi Teknik Kimia S-1 ITN Malang, Mohammad Istnaeny Hudha, ST MT mengatakan, awalnya Prodi Teknik Kimia ingin mensosialisasikan MBKM sekaligus sharing pengalaman cara mendapatkan hibah Kerjasama Kurikulum kepada Fakultas Pertanian Unidha. Sosialisasi MBKM merupakan salah satu syarat dalam mengikuti Center of Excellence (CoE).

“Kami wajib menularkan semangat kampus merdeka. Maka, kemudian kami kerjasama sekalian dengan Unidha. MBKM merupakan trend kurikulum saat ini. Dimana mahasiswa kami diberi kesempatan bisa menambah kompetensi di luar Prodi Teknik Kimia. Salah satunya adalah pertukaran pelajar dengan prodi lain di luar ITN Malang,” kata Istnaeny. (me/Humas ITN Malang)